Puri Cendana : Masihkah Bebas Banjir ?

Puri Cendana : “Perumahan Bebas Banjir”. Statement itu pernah menjadi kebanggaan warga perumahan ini sekitar tahun 2007, ketika peristiwa banjir melanda secara merata hampir di seluruh wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya pada saat itu.

Istilah “Perumahan Bebas Banjir” ini juga sempat menjadi icon bagi pemasaran perumahan Puri Cendana, dan mampu meningkatkan omset penjualan yang luar biasa. Warga yang menghendaki rumah yang nyaman dan bebas dari banjir ini segera saja berpaling untuk memilih tinggal dan menjadi bagian dari warga perumahan ini.

Tak ayal lagi perumahan ini segera saja menjadi perumahan terfavorit dan paling ramai diantara perumahan lain di sekitarnya. Hiruk pikuk pedagang, dari mulai pedagang kaki lima sampai pedagang rumahan dan ruko, ikut mendongkrak nama perumahan ini menjadi sangat terkenal di sekitar Tambun dan sekitarnya.

Tapi, benarkah kini Puri Cendana masih “Bebas banjir” ? Penulis menjawabnya “tidak ada jaminan untuk masa depan akan bebas banjir”. Beberapa tanda ke arah itu kini mulai terlihat.

Seperti contohnya, pada tanggal 19 Desember 2012 (1 hari sebelum terjadinya peristiwa Perampokan Indomart), warga Puri Cendana dihebohkan dengan terjadinya genangan air sepanjang Jalan Raya Puri Cendana, mulai dari Ruko gerbangBlok RPC Depan Gerbang Blok B perumahan melewati benderan kantor pemasaran sampai depan gerbang Blok D Taman Krakatau, genangan air cukup tinggi dengan arus cukup deras, menyebabkan beberapa pengendara kendaraan bermotor harus minggir menghindari banjir.

Seperti tampak pada foto sebelah ini yang kami dapatkan dari Grup Facebook Perumahan Puri Cendana. Foto diambil dari sekitar depan gerbang Blok B Taman Semeru.

Hari ini (Kamis/17 Januari 2013), bersamaan dengan peristiwa hujan deras yang membenamkan wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, banjir juga turut melanda sebagian dari wilayah Perumahan Puri Cendana. Penulis melakukan pemotretan terhadap beberapa titik banjir khususnya di wilayah Blok E Taman Lawu. Beberapa titik sumber masuknya air ke wilayah Blok E diantaranya dari meluapnya air di saluran samping perumahan ini :

Akibat dari luapan saluran air tersebut, beberapa rumah warga khususnya di sebagian wilayah Rt.02/12, Rt.03/12, dan Rt.04/12 tergenang banjir :

Banjir juga menghinggapi wilayah Blok D Taman Krakatau khususnya yang  berada di semping kali yang berabatas dengan wilayah Blok E Taman Lawu, seperti yang dilaporkan Bpk. Kusnadi dari Blok D, bahwa genangan air hampir memasuki rumah.

Penulis belum bisa melaporkan kabar banjir yang dilaporkan sering terjadi juga di wilayah Blok B Taman Semeru dan Blok A Taman Rinjani akibat sering meluapnya saluran air di perkampungan atas perumahan ini.

Melihat beberapa kenyataan ini, maka sudah sepantasnya bagi warga Puri Cendana untuk lebih waspada dengan datangnya banjir yang tidak terduga ini, khususnya dengan memperbaiki prilaku warga seperti : tidak membuang sampah ke kali, rajin membersihkan saliran minimal di depan rumah masing-masing, serta kebiasaan peduli terhadap lingkungan sekitarnya.

Semoga saja predikat Puri Cendana sebagai perumahan bebas banjir dapat dipertahankan untuk selamanya, serta hal ini mendapat perhatian serius dari pihak developer PT. Duta Putra Mahkota, Aamiin…

Pos ini dipublikasikan di Bidang Keamanan dan tag . Tandai permalink.

5 Balasan ke Puri Cendana : Masihkah Bebas Banjir ?

  1. Muh. Liem berkata:

    Tenang aja sodaraku smua…karna dmana mana sedang dibangun dan dirapihkan terutama gorong2 atau saluran air…Tekhnologi Canggih dan Modern yaitu : ” Tutup Got Buat Dagang “.
    Mantap kan…..

  2. Ummi Ilyas berkata:

    Iya pak, saya juga heran,yg di RPC itu got ditutup semua buat dagang, pdhal kan seharusnya buat parkir kendaraan yg hendak berbelanja, menyedihkan memang setiap sore macet, karena kendaraan diparkir di bahu jalan…

  3. Ummi Ilyas berkata:

    Oh ya Pak Agis, curhat nih, kami ini sudah lama tinggal disini, tapi tetap saja ada pungli ya dari oknum keamanan, pd saat kami menurunkan material bangunan ..hmm di Rinjani…
    trus rumah pak RT 6 taman Rinjani dimana ya … mau melapor ..

  4. demang berkata:

    sekarang akses ke puri agak terganggu dengan rusak-nya beberapa ruas jalan dimangunjaya terutama setelah palang pintu kereta stasiun tambun..
    dan jalanan di depan ruko dari gerbang sampe pemasaran dah bergelombang dan masuk ke setiap blok juga udah berkerikil, janjinya developer mau mengaspal mulus tapi keknya diem aja nih..
    perlu tekanan dari pengurus RW seluruh puri cendana kayaknya..

  5. bambang berkata:

    rumah bebas banjir ada disini gan

    Rumah bernuansa danau dengan lokasi strategis, klik http://www.citralakesawangan.com/lake_area_gambar_pemandangan/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s