Program Perbaikan Jalan Lingkungan Di RT.002/012

Kondisi jalan lingkungan di Perumahan Puri Cendana sejak awal pembangunannya terbilang cukup baik. Dengan struktur jalan berlapis batu cadas, batu koral dan lapisan aspal, sudah dapat dinikmati sebagai jalan lingkungan yang layak bagi warga.

Namun seiring dengan perjalanan waktu, kerusakan jalan lingkungan sudah mulai nampak, terutama dilingkungan dalam perumahannya. Hal ini tentu menjadi bahan pemikiran warga untuk melakukan perbaikan sebelum kerusakan semakin parah.

Memiliki jalan lingkungan yang baik adalah dambaan semua warga. Maka untuk merealisasikan dambaan warga tersebut, Pengurus RT.002/012 berinisiatif untuk melakukan perbaikan jalan secara kolektif di Lingkungan RT.002/012.

Adapun program yang ditawarkan oleh Pengurus RT.002/012 adalah sebagai berikut :

1.  Perbaikan jalan dikoordinir oleh masing-masing Koordinator Wilayah (Korwil), dan dibiayai bersama oleh warga sekitar yang dilaluinya.

2.  Pengurus RT.002/012 akan memberikan dana talangan (pinjaman sementara) dari KOPWAR 212 (Koperasi Warga RT.02/012) untuk penyelesaian pekerjaannya.

3.  Jika warga menghendaki perbaikan dilingkungannya, semua warga harus menyetujui dan menandatangani kesepakatan bersama, dan menyerahkan kesepakatan warga tersebut kepada kami secepatnya.

4.  Adapun bentuk kesepakatan bersama tersebut diantaranya adalah :

  • Warga menyetujui dan Mendukung perbaikan jalan di lingkungan kami sesuai rencana Pengurus RT.002/012,
  • Menyetujui Rencana Anggaran Biaya yang telah dibuat oleh Pengurus RT untuk masing-masing Korwil berdasarkan perhitungan sementara, dan akan dihitung ulang setelah pekerjaan selesai.
  • Menyetujui pembagian beban pekerjaan sesuai PORSI masing-masing yang ditentukan Pengurus RT.002/012.
  • Menyetujui pembayaran uang muka sebesar @ Rp. 100.000,- per KK yang dibayar sebelum pembangunan.
  • Bersedia membayar angsuran pelunasan maksimal 6 bulan atau 6 x angsuran sesuai biaya yang akan diperhitungkan setelah selesai pekerjaan

5.  Pelaksanaan pembangunan akan menggunakan sistem ANTRIAN. (Kesepakatan yang lebih awal masuk akan dibangun lebih awal).

6.  Apabila ada hal-hal yang perlu dibicarakan secara khusus, Korwil dapat menyelenggarakan pertemuan warga di lingkungan masing-masing, dan Pengurus RT.002/12 akan hadir untuk membantu memberikan solusinya.

Adapun hingga saat ini perbaikan jalan yang sudah teralisasi adalah di wilayah Korwil VI dan Korwil V, sebagaimana gambar dibawah ini :

Hasil perbaikan jalan di lingkungan Korwil VI RT.002/12

Proses perbaikan jalan di lingkungan Korwil V RT.002/12

Penawaran ini berlaku tidak berbatas waktu, sesuai dengan kemampuan masing-masing warga, dengan harapan mendapat sambutan yang positif dari seluruh warga RT.002/012. Namun Pengurus RT.02/012 berharap bisa diselesaikan di tahun 2012 untuk semua wilayah RT.002/012.

Pos ini dipublikasikan di Bidang Pembangunan, E - Taman Lawu, Jalan Lingkungan, Koperasi Warga, Rukun Tetangga dan tag , , . Tandai permalink.

2 Balasan ke Program Perbaikan Jalan Lingkungan Di RT.002/012

  1. Muh. Liem berkata:

    Waaah buagus jg tuch program. Kmi ada pertanyaan nich, Apa saran&kesan pabila di dlm lingkungan RT saudara dah ok, tp akses jalan utama macet&kumuh?
    Trimaksih

  2. Agis Sugiana berkata:

    Terima kasih atas komentar Anda.
    Untuk pertanyaan Anda, kapasitas kami hanyalah sebatas kewenangan yang kami miliki.
    Kami sebagai Pengurus RT hanya akan focus pada permasalahan dilingkungan kami, adapun untuk lingkungan sekitarnya diluar tanggungjawab kami, kami hanya bisa berharap lebih baik. Untuk saran dan kesan, saya tidak mau komentar banyak, karena saya perhatikan warga di Blok RPC mayoritas lebih menyukai kondisi macet seperti itu, mungkin lebih banyak untungnya daripada ruginya bagi usaha mereka. Mohon maaf kalau saya salah menduga …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s