Pelaksanaan SIAK & Perubahan RW di Desa Sumber Jaya

Dalam rangka implementasi program Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) denagn Sistem Pelayanan Kependudukan secara tersambung (Online) dan penerapan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang berbasis Nomor Induk Kependudukan (NIK) secara nasional di Kabupaten Bekasi, khususnya Di Desa Sumber Jaya dimana Perumahan Puri Cendana berada, Kepala Desa Sumber Jaya (Bpk. Matam) melah menyampaikan surat edaran kepada Para Ketua RW Se-Desa Sumber Jaya.

Dalam suratnya nomor 470/006/II/2011 tanggal 21 Februari 2011 (download suratnya DISINI), pemerintah desa Sumber Jaya telah melakukan penataan perangkat pendukung Sistem nformasi Administrasi Kependudukan (SIAK) guna kelancaran pelayanan dokumen kependudukan.

Beberapa penataan yang dilakukan diantaranya adalah :

  1. Perubahan Nomor Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang belum berbasiskan Nomor Induk Kependudukan (NIK) secara Nasional.
  2. Perubahan Alamat Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) akibat pemekaran dalam rangka tertib administrasi kependudukan.
  3. Perubahan tanda tangan pada dokumen kependudukan baik (Kartu Keluarga (KK) maupun Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang sebelumnya ditandatangani oleh Camat Tambun Selatan, mulai tanggal 8 Februari 2011 ditandatangani oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi.
  4. Perubahan model Stempel/Cap yang digunakan pada Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), yang sebelumnya Stempel/Cap Kecamatan menjadi Stempel/Cap  Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bekasi.
  5. Setiap Akta Kelahiran yang diterbitkan wajib mencantumkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  6. Perubahan alamat Rukun Warga (RW) akibat kesamaan yang terbagi pada sistem Dusun saat ini menjadi berurutan dalam rangka tertib administrasi kependudukan.

Dibawah ini adalah Daftar Perubahan RW Se Wilayah Desa Sumber Jaya Kecamatan Tambun Selatan Kabupaten Bekasi :

Bagi RW di Puri Cendana, hanya RW di Blok F Taman Kerinci yang mengalami perubahan status, dari semula RW.014 menjadi RW.048. Maka bersiap-siaplah bagi warga Blok F untuk melakukan perubahan menyeluruh tentang data kependudukan dan identitas RT-RWnya.

Pos ini dipublikasikan di Bidang Sosial & Politik, Rukun Warga. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s