Mempertanyakan Dana Insentif RT dan RW

Sekilas membaca sebuah berita di web Bekasinews.com terbitan hari Rabu (20/10/2010), tentang pemberian dana insentif untuk RT dan RW di Kota Bekasi, sebagaimana saya sadur di bawah ini :

Kota Bekasi, Bekasinews.com.-  Pemkot Bekasi melalui Bagian Bina Pemerintahan Setda Kota Bekasi mengalokasikan dana insentif untuk Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW). Sebanyak 6.619 RT dan 958 RW di Kota Bekasi mendapat dana insentif untuk tahun 2010, yang diberikan secara bertahap dalam kurun waktu satu bulan ini. Pemberian pertama berlangsung di Kecamatan Mustika Jaya, Rabu pagi (20/10) untuk tiga kecamatan, yaitu maisng-masing, Kecamatan Rawalumbu, Mustikajaya, dan Bantargebang.

Kabag Bipem Setda Kota Bekasi Drs Aceng Solahudin menjelaskan, untuk RT diberikan sebesar Rp 100 ribu per bulan dan RW sebesar Rp 200 ribu per bulan. Pemberian dana insentif ini, diberikan pertiga bulan sekali.

Lebih lanjut, ia mengatakan, alokasi anggaran untuk insentif kepada RT dan RW tahun 2010 didasarkan kepada Peraturan Daerah (Perda) Kota Bekasi Nomor 01 Tahun 2010 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2010 sebesar Rp 10,2 milyar.

“Pemberian insentif kepada RT dan RW adalah wujud kepedulian Pemkot Bekasi terhadap RT dan RW sekaligus bentuk implementasi dari Perda Kota Bekasi Nomor 04 Tahun 2005 tentang Pedoman Pembentukan RT dan RW serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Bekasi, sebagai salah satu apresiasi pemerintah dalam rangka mendukung dan meningkatkan kinerja RT dan RW dalam melaksanakan tugasnya,” ujar Aceng Solahudin.

Kendati tidak seberapa, namun partisipasi yang diberikan pemerintah, diharapkannya, para RT dan RW serta pengurusnya, dapat bersinergi melaksanakan dan membantu tugas pemerintahan sebagai struktur pemerintahan terkecil, dalam membangun dan menjalankan roda kemasyarakatan. (kotabekasi/tim web)

Jujur saja dalam hati penulis mempertanyakan, begaimana dengan Pemda Kabupaten Bekasi tentang hal ini ?  Apakah sebenarnya ada ketentuan yang mengatur tentang pemberian insentif untuk Pengurus RT dan RW ? Adakah juga Perda yang mengatur tentang Pedoman pelaksanaan Pembentukan RT dan RW di Wilayah Kabupaten Bekasi ?

Jika memang ada, sebaiknya Pemda Kabupaten Bekasi mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat, khususnya kepada Para Pengurus RT dan RW. Penulis yang sudah ikut berkecimpung dalam kepengurusan RT dan RW selama lebih dari 5 tahun menilai, belum ada keteraturan di wilayah kami (Desa Sumber Jaya Kec Tambun Selatan) tentang hal ini.

Perlu ada keterbukaan dari semua aparat pemerintahan, baik dari tingkat Pemda sampai Desa/Kelurahan, supaya tidak ada rasa saling curiga satu dengan lainnya. Karena bagaimanapun Pengurus RT dan RW adalah bagian dari perangkat pemerintahan yang terbawah dengan mobilitas yang tidak mengenal jam kerja, penuh dedikasi dan jiwa sosial yang tinggi.

Tanpa adanya kepengurusan RT dan RW, penulis yakin roda pemerintahan daerah sampai pusat pun tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. Mohon di perhatikan Bapak Bupati dan segenap pejabat terkait di Kabupaten Bekasi Jawa Barat. Tks.

(Ctt : Bukan maksud penulis untuk mengeluhkan tugas dan tanggungjawab yang harus diemban sebagai Pengurus RT dan RW, sekedar memohon kejelasannya. Kalaupun ada yang namanya insentif untuk pengurus RT dan RW, kami pun akan menggunakannya untuk kebutuhan operasional kepengurusan, bukan untuk konsumsi pribadi).
Pos ini dipublikasikan di Bidang Sosial & Politik, Rukun Tetangga, Rukun Warga. Tandai permalink.

2 Balasan ke Mempertanyakan Dana Insentif RT dan RW

  1. Ook Joko Murdhianto berkata:

    Salam….
    Betul sekali bapak-bapak yang terhormat, kalau memang “duit” itu sudah ada alokasinya untuk area Kabupaten Bekasi jangan sampai dana tersebut tidak direalisasikan kepada yang berhak.
    Dan juga untuk para pengurus seandainya benar dana tersebut keberadaanya, jangan dianggap sebagai honor, tapi sebagai dana operasional RT atau RW. Lagi pula saya yakin seyakin-2nya dana sebesar itu tidak sebanding dengan pikiran dan tenaga yang dikeluarkan oleh bapak2 pengurus RT dan RW.
    Tetap Semangat……. bapak2 pengurus
    Wasalam

  2. baru suprihatin berkata:

    betul pak saya setuju

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s