Waspadai Potensi Bencana Di Lingkungan Kita !

Bencana bisa menimpa kita tanpa kita duga. Waspadalah… waspadalah … !!

Menurut pengamatan kami, ada berbagai macam bencana yang harus kita waspadai untuk wilayah Perumahan Puri cendana, di antaranya :

I.  WASPADA BENCANA KEBAKARAN

Sebagaimana semua warga mengetahui, bahwa wilayah kita paling sering terjadi pemadaman listrik, sehingga kita diwajibkan untuk menyediakan lampu serep, kalau punya uang bisa beli genset, tapi kalau uang pas-pasan maka paling kita hanya mampu beli Emergency Lamp, yang daya tahannya rata-rata cuma 3 jam. Nah… kalau sudah mati listrik lebih dari itu, maka mau tidak mau kita pasang lilin, di mana tingkat kewaspadaan harus lebih ditingkatkan. Resiko kebakaran pada lingkungan kita adalah yang paling besar di antara bencana yang lainnya.

Belum lagi sekarang ini lagi marak-maraknya kebakaran akibat meledaknya elpiji 3 kg, dimana sebagian besar akibat dari kerusakan selang regulator yang biasanya sudah uzur karena  ngirit ganti yang baru.

II. WASPADA BENCANA BANJIR

Memang selama saya tinggal di Puri Cendana belum pernah kebanjiran dan juga info penduduk asli juga demikian. Tapi mengamati kontur tanah di wilayah Puri Cendana yang menurun kalau kita masuk Pintu Gerbang Utama ke wilayah  Blok F dan G, di mana di sana ada penampungan air sementara (danau), hal tersebut menunjukan bahwa wilayah Puri Cendana adalah wilayah tampungan air.

Sangat dimungkinkan suatu saat nanti akan mungkin terjadi penumpukan air akibat peninggian/penimbunan pada wilayah lain dan sudah berkurangnya area rasapan air karena sudah terjadi pembangunan yang sangat besar pada wilayah di sekeling Puri  Cendana, seperti yang terjadi di Perumahan Griya Asri 2.

Sebagai contoh, di wilayah Blok B pada bulan Mei 2010, sempat terjadi di mana saluran air  irigasi di atas Sekolah SDIT Ullul Albab bertandang menuruni wilayah Blok B sehingga mengakibatkan saluran yang di buat oleh developer tidak mampu menampung tambahan air dari luapan air irigasi tersebut, sehingga gerbang pintu Taman Semeru pun tergenang air.

Untungnya  hujan deras hanya berlangsung sebentar. Bayangkan kalau hujan deras berlangsung lama, wah apa jadinya … ? Seperti tampak pada foto-foto di bawah ini :

Saluran air irigasi dengan kedalaman sekitar 50 cm penuh dengan tanaman. Permukaan air sama dengan permukaan tanah.

Luapan air menyerupai pancuran air mengalir menuju wilayah perumahan Puri Cendana melewati pagar SDIT Ullul Albab.

Air meluap karena derasnya curah hujan, menggenangi wilayah Blok B Rt.06 & Rt.07.

Nah… Jika saja warga sekitar tidak melakukan perubahan perubahan dan perbaikan, bukan tidak mungkin air bah akan datang lebih dahsyat di kemudian hari.

III. WASPADA BENCANA POLUSI UDARA dan LIMBAH PABRIK

Tidak kalah pentingnya kewaspadaan kita terhadap bencana Polusi Udara. Karena wilayah Tambun banyak sekali pabrik-pabrik yang tidak kita ketahui apa isi limbah yang dihasilkannya. Limbah dan polusi udara juga bencana yang tidak dapat diprediksi kapan akan terjadinya.

Waspada Bencana di wilayah masing-masing dapat mengurangi Resiko Bencana yang lebih besar. Hal tersebut dapat dimulai dengan Pembentukan Tim Tanggap Darurat tingkat RT, RW atau tingkat yang lebih besar se-Perumahan Puri Cendana, agar masing-masing Tim Tanggap Darurat dapat melakukan pertukaran informasi dan ide-ide yang baik guna menyiapkan langkah apabila terjadi musibah Bencana seperti di atas.

Demikian saya sampaikan semoga bermanfaat bagi Warga Perumahan Puri Cendana., dan kita dapat terhindar dari segala bencana yang tak terduga. (Panduan Tanggap Bencana bisa di DOWNLOAD DI SINI !!)

Salam dari Warga Blok B.

Tentang Ook Joko Murdhianto

hormati orang sebelum dihormati orang
Pos ini dipublikasikan di B - Taman Semeru, Bidang Keamanan, Bidang Kebersihan dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Waspadai Potensi Bencana Di Lingkungan Kita !

  1. liea berkata:

    jd serem dengernya…lalu langkah apa yg harus dilakukan untuk mewaspadainya/mencegahnya??

  2. Agis Sugiana berkata:

    Kita harus lebih waspada dan peduli dengan lingkungan. Tumbuhkan kerjasama antar warga, karena bencana lingkungan tidak bisa ditanggulangi secara sendiri-sendiri. Mudah-mudahan kita semua terhindar dari segala malapetaka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s