Peresmian Posyandu RW.15 Blok A Taman Rinjani

Pos pelayanan terpadu (Posyandu) merupakan program prioritas masyarakat Desa Sumber Jaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Hal ini terbukti dengan dibangunnya Posyandu di hampir seluruh RW di desa tersebut.

Seperti halnya Posyandu di RW 15 Perumahan Puri Cendana Blok A Taman Rinjani yang diresmikan pada Sabtu (6/3/2010), merupakan salah satu hasil pembangunan masyarakat. Menurut Ketua RW 15 Adnan, yang juga bertugas sebagai SF PNPM Kota Tangerang, luas lahan Posyandu adalah 4 meter x 6 meter dengan dana pembangunan berasal dari BLM PNPM sebesar Rp 8.053.000 ditambah swadaya masyarakat sebesar Rp 13 juta berupa uang, material dan tenaga.

Hal senada diungkapkan Kepala Desa Sumber Jaya Matam (42). “Sumber dana bagi pembangunan tersebut berasal dari BLM PNPM Mandiri Perkotaan bersama-sama swadaya masyarakat. Prioritas pembangunan kesehatan masyarakat memang sangat menjadi perhatian kami dan masyarakat. Alhamdulillah, dengan masuknya PNPM ke desa kami, prioritas tersebut bisa jadi kenyataan,” ujar lelaki yang baru menduduki jabatan Kepala Desa sejak akhir 2006 yang lalu, untuk masa 6 tahun ini.

Kepala Desa Sumber Jaya Matam, saat meresmikan Posyandu RW 15, didampingi Ketua RW 15 Ir.Adnan, dan Korkot Kabupaten Bekasi Ir.Hartadi [Dok. Heroe, PNPM Mandiri Perkotaan]Menurut Matam, untuk penyediaan lahan tidak menjadi masalah. ”Dari 14 developer perumahan yang memiliki puluhan hektar tanah, mereka secara konsisten menyediakan Fasilitas Umum (Fasum) dan Fasilitas Sosial (Fasos). “Ketentuan Pihak Pemkab Bekasi, sebanyak 40%-nya untuk Fasum dan Fasos, sedangkan 60%-nya untuk pembangunan perumahan,” tambah mantan guru SD tersebut.

Lebih jauh Matam mengatakan, di wilayahnya ada 48 RW dan 297 RT, dengan kepadatan penduduk sekitar 17.000-an KK. “Wilayah Kecamatan Tambun Selatan memiliki sembilan desa dan satu kelurahan, desa kami penduduknya paling padat. Amanah yang dipercayakan warga, kami lakukan dengan tulus semata-mata untuk kepentingan masyarakat, dan penuh enjoy,” tegasnya.

Sementara itu Korkot Kabupaten Bekasi Hartadi mengatakan, seyogianya Posyandu ini dimanfaatkan semaksimal mungkin. “Sayang kan bila nantinya hanya sebagai bangunan yang tiada berarti, lebih-lebih dalam sikon (situasi dan kondisi—Red) seperti saat ini dimana biaya kesehatan mahal. Pada kesempatan ini saya juga menyatakan penghargaan yang tinggi kepada masyarakat atas swadaya yang diberikan,” ujar Hartadi dalam peresmian Posyandu, dengan didampingi SF Tim 03 Ade, Askot Advance Erfan, serta Faskel Tim 03 dan 04.

Syahrir, Ketua Paguyuban Agropuri (baju merah) dan sebagian Tim Faskel 03 dan 04 [Dok. Heroe, PNPM Mandiri Perkotaan] Sebelumnya Hartadi mengungkapkan harapan agar DIPA PU 2010 bagi PNPM Kabupaten Bekasi tidak lagi sampai terjadi kekurangan seperti tahun 2009 lalu. “Pihak Pemkab Bekasi, termasuk DPRD-nya amat antusias terhadap PNPM, sehingga penyiapan DDUPB sangat mendukung sesuai data kebutuhan dan ketentuan dari Pusat,” kata Hartadi.

Peresmian Posyandu di RW 15 ini dibarengi dengan pelantikan/pengukuhan Ketua RT 001 – 006 RW 15. Hadir dalam kesempatan itu, antara lain, Kepala Desa Sumber Jaya beserta stafnya, Korkot Kabupaten Bekasi beserta SF Tim 03 dan 04, Ketua-ketua RW dan RT, tokoh masyarakat dan alim ulama, Ketua Paguyuban Warga Agropuri, serta masyarakat setempat. (Heroe K., PNPM Mandiri Perkotaan; Firstavina)

Pos ini dipublikasikan di A - Taman Rinjani, Bidang Kesehatan dan tag , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s