Gerakan PKK, Perlu Digalakkan Kembali Di Masyarakat

pkkGerakan Pemberdayaan & Kesejahteraan   Keluarga (PKK) adalah Gerakan Nasional yang tumbuh dari, oleh dan untuk masyarakat, dengan perempuan sebagai penggeraknya menuju terwujudnya keluarga bahagia, sejahtera, maju dan mandiri dengan tugas dan fungsi yang tertuang dalam 10 Program Pokok PKK yang meliputi : Penghayatan dan pengalaman Pancasila, Gotong royong, Pendidikan dan keterampilan, Pengembangan kehidupan berkoperasi, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata laksana Rumah tangga, Kesehatan, Kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat. Pembinaan Kesejahteraan keluarga (PKK) ini dimulai sejak ditetapkannya surat kawat Mendagri No.SUS.3/6/12, tanggal 27 Desember 1972.

 

Sesuai dengan Era Reformasi dan GBHN 1999 adanya paradigma baru pembangunan serta otonomi daerah berdasarkan UU No. 32 Tahun 2004, maka Tim Penggerak PKK pusat telah menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional luar biasa PKK pada tanggal 31-10 s/d 2-11-2000 di Bandung, yang menghasilkan pokok – pokok kesepakatan antara lain : Pengertian Nomenklatur Gerakan PKK berubah dari Pembinaan Kesejahteraan Keluarga menjadi Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, di singkat PKK.

 

10 PROGRAM POKOK PKK

 

10 Program Pokok PKK hakekatnya merupakan kebutuhan dasar manusia, yaitu :

  1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila.
  2. Gotong Royong.
  3. Pangan.
  4. Sandang.
  5. Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga.
  6. Pendidikan dan Ketrampilan.
  7. Kesehatan.
  8. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi.
  9. Kelestarian Lingkungan Hidup.
  10. Perencanaan Sehat.

Dalam rangka pencapaian tujuan, Gerakan PKK mempunyai Visi dan Misi :

 

Visi

Terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

 

Misi

 

1.  Meningkatkan mental spiritual, perilaku hidup dengan jelan menghayati dan mengamalkan Pancasila serta meningkatkan pelaksanaan hak dan kewajiban sesuai dengan Hak Asasi Manusia (HAM), demokrasi, meningkatkan kesetiakawanan sosial dan kegotongroyongan serta pembentukan watak bangsa yang mantap dan seimbang.

 

2.  Meningkatkan pendidikan dan ketrampilan yang diperlukan dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa serta meningkatkan pendapatan keluarga.

 

3.  Meningkatkan kualitas dan kuantitas pangan keluarga, serta upaya peningkatan pemanfaatan pekarngan melalui Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (HATINYA) PKK, sandang dan penataan rumah sehat.

 

4.  Meningkatkan derajat kesehatan fisik dan mental, kelestarian lingkungan hidup serta membiasakan hidup berencana untuk kehidupannya dan perencanaan ekonomi keluarga serta membiasakan menabung.

 

5. Meningkatkan pengelolaan gerakan PKK baik kegiatan, pengorganisasian maupun pelaksanaan program-programnya, yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masyarakat setempat sesuai ketentuan yang berlaku.

 

Setelah memahami program Gerakan PKK tersebut, rasanya kita perlu lebih banyak mendalami untuk dapat merelisasikan program ini ditengah kehidupan masyarakat kita.

Pos ini dipublikasikan di Bidang Kesehatan, Bidang Sosial & Politik dan tag , , , , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Gerakan PKK, Perlu Digalakkan Kembali Di Masyarakat

  1. Sulistyo berkata:

    Pemerintah sekarang sudah meninggalkan program ini, padahal pada jamannya program PKK ini pernah berjaya dan berjasa dalam membangun masyarakat khususnya kaum perempuan di pedesaan. Ini program Presiden Suharto yang perlu dibudayakan kembali di masyarakat kita yang telah hilang kendali dan budaya gotong royong dalam kehidupannya.

    Maju terus program PKK

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s