3 Kunci Kekuatan Masyarakat

Sesuai dengan namanya, RT (Rukun Tetangga), semula diwujudkan memang untuk menjaga kerukunan dalam bertetangga. Keberadaannya sangat penting, karena kerukunan antar tetangga dapat menentukan ketentraman lingkungan dan keamanan wilayah, bahkan sebuah bangsa.

Menurut kami, ada 3 tingkatan keberhasilan sebuah organisast Rukun Tetangga, yaitu :

  • Kerukunan, artinya damai dan tentram, tidak ada perselisihan. Terjadi saling pengertian, saling mau mendengar, memahami antar tetangga, dan saling menjaga kehormatan, dengan tidak saling membuka aibnya. Jika kondisi ini sudah terjaga, sebenarnya target awal keberadaan RT telah berhasil.
  • Kebersamaan, artinya saling membantu dan ikut merasakan kondisi susah maupun senang tetangganya. Karena manusia adalah makhluk sosial, tak bisa hidup sendiri dan sangat membutuhkan bantuan orang lain. Dengan kebersamaan, maka hidup akan terasa lebih mudah dan semua beban bisa terasa lebih ringan.
  • Kekompakan, artinya secara serentak mencapai suatu tujuan bersama. Kekompakan biasanya membutuhkan komando, karena dilakukan pada saat yang bersamaan. Syarat kekompakan harus diawali dengan Kerukunan dan Kebersamaan. Jika kondisi ini dapat tercapai, maka inilah keberhasilan tertinggi dari keberadaan Pengurus RT.

Inilah yang perlu dipahami seluruh warga. Kalau kita ingin menjadikan lingkungan kita menjadi kuat dan solid, peliharalah ketiga rumus ini. Kerukunan-Kebersamaan-Kekompakan. Tanpa itu di lingkungan kita, artinya kita telah siap menghadapi hidup ini dalam kesendirian. ….

Pos ini dipublikasikan di Bidang Seni & Budaya dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s