PAGUYUBAN ARGO PURI

Pada hari Minggu tanggal 21 Juni 2009, Para Ketua RW Se Perumahan Puri Cendana yang terdiri dari :

menyatakan pendirian organisasi PAGUYUBAN Argo Puri.

MAKNA NAMA :

Nama “PAGUYUBAN ARGO PURI”, dipilih dan dipakai sebagai nama organisasi dengan mempertimbangkan makna filosofi yang diuraikan sebagai berikut :

  • PAGUYUBAN ; Mempunyai arti perkumpulan orang/anggota masyarakat yang dilandasi sifat kerukunan dan kekeluargaan.
  • ARGO ; artinya Gunung, yang menggambarkan bahwa masing-masing Blok (Cluster) menggunakan nama-nama gunung sebagai identitasnya, diantaranya : Blok A (Taman Rinjani), Blok B (Taman Semeru), Blok C (Taman Merbabu), Blok D (Taman Krakatau), Blok E (Taman Lawu), Blok F (Taman Kerinci), dan Blok G (Taman Bromo).
  • PURI ; di ambil dari nama depan Perumahan Puri Cendana, yang meng-gambarkan bahwa PAGUYUBAN berdomisili dan beranggotakan masyarakat di lingkungan Perumahan Puri Cendana.

LOGO IDENTITAS :

Sebagai identitas PAGUYUBAN ARGO PURI menetapkan lambang berupa : Gambar 7 (tujuh) ikatan  rantai mengelilingi matahari, melambangkan bahwa Perumahan Puri Cendana terdiri dari 7 (tujuh) Rukun Warga  (RW) yang saling mengikat diri dan bekerja sama serta secara bersama-sama ingin membangun dan menata kehidupan di Perumahan Puri Cendana, yang divisualisasikan dalam bentuk logo di samping ini.

PENGESAHAN :

PAGUYUBAN ARGO PURI telah disahkan oleh Kepala Desa Sumber Jaya Kecamatan Tambun Selatan  Kabupaten Bekasi Jawa Barat, sebagai organisasi warga dengan bukti pengesahan di bawah ini :

Pengesahan Paguyuban Argo Puri

FUNGSI DAN PERAN :

Adapun fungsi dan peran PAGUYUBAN adaah sebagai berikut :

  1. PAGUYUBAN adalah suatu wadah/perkumpulan yang disahkan oleh Pengurus RW Se-Perumahan Puri Cendana (RW.008, 011, 012, 013, 014, 015, dan RW.018), yang berfungsi sebagai media komunikasi antar warga secara lintas sektoral Rukun Warga (RW) di Perumahan Puri Cendana.
  2. PAGUYUBAN berperan dalam menjaring informasi, saran, masukan, dan aspirasi dari setiap anggota masyarakat Perumahan Puri Cendana, untuk selanjutnya dilakukan penelitian, telaah, dan pemikiran mendalam sehingga diharapkan dapat melahirkan sumbangsih pemikiran positif yang dapat dijadikan dasar bagi pemerintahan terkait (baik RT, RW, maupun Desa) dalam setiap pengambilan keputusannya, serta berperan aktif dalam upaya meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

PRINSIP DASAR :

Dengan berlandaskan kepada Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, serta berazaskan kebersamaan, kekeluargaan dan gotong royong, PAGUYUBAN ARGO PURI bertekad untuk melaksanakan prinsip-prinsip dasar

  1. Keanggotaan bersifat terbuka dan sukarela bagi Warga Perumahan Puri Cendana.
  2. PAGUYUBAN bersifat independent, tidak terikat kepada salah satu partai politik, organisasi keagamaan, atau organisasi massa lainnya.
  3. PAGUYUBAN tidak berkedudukan di bawah struktur pemerintahan yang ada, baik setingkat Rukun Tetanga (RT), Rukun Warga (RW), Desa, dan seterusnya.
  4. PAGUYUBAN dikelola secara demokratis, berlaku adil terhadap semua komponen masyarakat, serta senantiasa lebih mengedepankan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi maupun golongan.
  5. PAGUYUBAN menghargai dan menghormati sepenuhnya terhadap setiap saran dan pendapat anggota masyarakat, dan menetapkan setiap keputusan berdasarkan kepada hasil musyawarah dan mufakat.

MAKSUD DAN TUJUAN :

PAGUYUBAN memiliki maksud dan tujuan untuk berperan serta mewujudkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Menciptakan lingkungan Perumahan Puri Cendana yang lebih baik bagi perkembangan kebajikan moral yang berdasarkan iman dan takwa.
  2. Mewujudkan lingkungan yang indah, aman, dan nyaman bagi penghuni maupun pendatang.
  3. Membangun kebersamaan, kekeluargaan, dan sifat gotong royong di antara anggota masyarakat Perumahan Puri Cendana.
  4. Membangun tali silaturahmi antar Pengurus maupun Mantan Pengurus Rukun Warga (RW), Rukun Tetangga (RT), dan para tokoh serta anggota masyarakat Perumahan Puri Cendana, agar tetap terjalin dan berkelanjutan.
  5. Mengembangkan komunikasi yang baik agar tercipta suatu kondisi saling menasehati dan menyadarkan, sehingga diharapkan dapat melahirkan sumbangsih pemikiran positif dalam setiap perencanaan kegiatan maupun pemecahan berbagai permasalahan yang timbul di masyarakat.

BENTUK KEGIATAN :

Untuk mencapai maksud dan tujuannya, PAGUYUBAN berperan aktif dalam menyelenggarakan kegiatan sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan kegiatan pertemuan anggota masyarakat dalam bentuk diskusi, musyawarah, penyuluhan, bakti sosial dan sebagainya secara berkala sesuai dengan kebutuhan.
  2. Menyelenggarakan kegiatan bersama dengan seluruh lapisan masyarakat Perumahan Puri Cendana.
  3. Menyelenggaran turnament olahraga maupun perlombaan/pertandingan lainnya antar Rukun Warga (RW), agar tercipta kondisi saling berkompetisi secara positif.
  4. Menyelenggarakan kegiatan sosial dan usaha bersama, seperti Bazar Umum, Pasar Rakyat, Santunan Faqir Miskin, Santunan Kematian, atau mendirikan badan usaha berbentuk Koperasi, dan lain sebagainya.
  5. Mensikapi setiap perkembangan dan permasalahan yang ada, serta berusaha memberikan sumbangsih pemikiran dan solusi terbaik kepada pihak-pihak terkait yang berwenang.

KEANGGOTAAN :

Persyaratan menjadi anggota adalah :

  1. Berstatus sebagai Warga Perumahan Puri Puri Cendana.
  2. Umur minimal 17 tahun.
  3. Berkeinginan untuk bersama-sama membangun kekeluargaan, dan gotong royong mengembangkan lingkungan Perumahan Puri Cendana ke arah yang lebih baik.
  4. Mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan.
  5. Bersedia mematuhi peraturan yang telah disepakati bersama.

Kedudukan anggota adalah sebagai penjaring informasi, dan aspirasi masyarakat sekaligus secara timbal balik sebagai penyebar informasi atas segala hasil musyawarah di PAGUYUBAN kepada anggota masyarakat lain Warga Perumahan Puri Cendana, baik yang tercatat sebagai anggota PAGUYUBAN maupun tidak.

Bagi Anda Warga Perumahan Puri Cendana yang ingin berkontribusi untuk masa depan lingkungan kita, ayo bergabung dalam forum komunikasi PAGUYUBAN ARGO PURI. Sampaikan aspirasi Anda secara terbuka. Dengan bersatu kita yakin dapat menyelesaikan segala permasalahan seberat apapun !!