FORUM MASJID DAN MUSHOLLA

Berawal dari inisiatif Pengurus Masjid Al-Jihad Blok C Taman Merbabu, yang saat itu diketuai oleh Bpk. Ust. Drs. Much Suparso, sekitar akhir tahun 2004, telah berkumpul para Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid/Musholla se Puri Cendana, untuk membentuk suatu wadah yang di sebut Forum Masjid/Musholla Se-Puri Cendana.

Setelah melalui beberapa kali pertemuan, akhirnya bertempat di Musholla Al-Hidayah Blok G Taman Bromo, terbentuklah kepengurusan Forum Masjid/Musholla Se-Puri Cendana untuk periode 2005-2008, dengan Ketua Bpk. Ahmad M. Sholeh.

Dalam perjalanannya, organisasi Forum Masjid/Musholla Se-Puri Cendana telah melakukan beberapa kegiatan syiar Islam di perumahan ini, diantaranya :

  1. Menyelenggarakan Sholat Iedul Fitri gabungan se-Puri Cendana.
  2. Melakukan pertukaran khotib shalat Taraweh setiap bulan suci Ramadhan.
  3. Melakukan koordinasi penyaluran Ziswaf dan Daging Qurban dengan menetapkan besaran yang akan disalurkan serta pembagian wilayah penyebarannya, agar tidak terjadi tumpang-tindih.
  4. Menyelenggarakan pengajian umum maupun Tabligh Akbar se Puri Cendana.
  5. Melakukan pesantren kilat, outbond, dan tafakur alam bagi Remaja Islam se-Puri Cendana.
  6. Melakukan pembentukan Forum Remaja Islam se -Puri Cendana.
  7. Melakukan koordinasi dengan Forum Rukun Warga se-Puri Cendana untuk mengatasi maraknya orang luar yang berpacaran pada malam hari di sepanjang Jalan Raya Puri Cendana.
  8. Melakukan razia secara berkala terhadap orang yang berpacaran di Puri Cendana, yang awalnya dilakukan secara gabungan, kemudian mekanismenya diubah menjadi per blok secara bergantian setiap pekan.
  9. Melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait, dan melakukan langkah-langkah antisipasi untuk kepentingan tegaknya akhlakul karimah, dan mengakomodir kepentingan kaum muslimin di Puri Cendana.

Mengingat pentingnya kedudukan Forum ini dalam kehidupan masyarakat di Perumahan Puri Cendana, diharapkan keberadaan Forum Masjid/Musholla se-Puri Cendana dapat lebih aktif melakukan kegiatan dakwah islamiyah di perumahan ini, dan dapat menjadi sarana pemersatu bagi tegaknya Ukhuwah Islamiyah, khususnya di Perumahan Puri Cendana.

Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin.